Minggu, 24 Juni 2012

MEMBEDAH ESAI PEMIKIRAN M. AMIN ABDULLAH


ABSTRAK


M. Amin Abdullah adalah sosok pemikir yang produktif dalam gelanggang cendekiawan muslim Indonesia. M. Amin Abdullah tidak hanya mampu mensintesiskan di antara sekian banyak argumen yang bertentangan, tetapi juga lebih dari itu ia mampu melahirkan sebuah konsep cerdas dan akomodatif, sehingga sebuah konsep dapat menjadi sebuah jawaban atas permasalah yang dimunculkan.
Pemikiran M. Amin Abdullah banyak berkutat pada masalah-masalah Filsafat, Kalam, dan Tasauf karena memang background keilmuannya lebih banyak berkenaan dengan sejumlah mozaik pemikiran Islam tersebut.
Kemenarikan pemikiran M. Amin Abdullah terletak pada metodologi keilmuannya dalam menganalisis dan menyimpulkan suatu konsep, sehingga konsep tersebut terkesan menjadi sangat sederhana dan mudah dimengerti. Untuk mengenal kiprah pemikirannya dalam blantika kehidupan ilmiah, maka tulisan ini mencoba untuk menyajikan esai-esai singkat M. Amin Abdullah yang kemudian akan dibedah secara lebih tajam guna mendapatkan format ideal pemikirannya, sekaligus melihat nilai-nilai keminusannya.

Kata kunci: normativitas, historisitas, akidah, filsafat, teks, dan studi agama 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar